Pengertian TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), Gaji Lulusan dan Materi Pembelajaran TKJ

Mengapa memilih Teknik Komputer & Jaringan sebagai pilihan jurusan? Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan salah satu pilihan jurusan yang populer ketika kalian ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat SMK. Kebanyakan siswa tentu mengalami perasaan bingung atau ragu-ragu saat harus menentukan jurusan apa yang ingin diambil setelah menyelesaikan pendidikan di SMP (Sekolah Menengah Pertama). 

Pengertian Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

Pengertian Jurusan TKJ

TKJ merupakan singkatan dari Teknik Komputer dan Jaringan. Bidang keahlian ini fokus pada pengajaran terkait perakitan komputer, mengidentifikasi serta memahami komponen hardware yang ada di dalam sistem komputer, serta mempelajari jaringan dasar secara mendalam. Selama tiga tahun masa pembelajaran, siswa di bidang TKJ akan memperoleh pengetahuan mengenai sistem kerja jaringan, pemrograman web, dan administrasi komputer jaringan.

Kejuruan TKJ dapat ditemukan di sekolah STM/SMK, dan hingga kini, jurusan ini merupakan salah satu pilihan yang sangat populer dan banyak diminati, sejajar dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Multimedia. Studi ini akan membekali kalian dengan kemampuan yang relevan dalam dunia IT, sehingga kita bisa bersaing di industri yang terus berkembang ini.

Dalam kejuruan TKJ, kamu akan belajar berbagai topik penting seperti sistem operasi, keamanan jaringan, serta pengelolaan infrastruktur IT. Dengan menguasai skill-set ini, lulusan TKJ akan siap untuk menghadapi berbagai tantangan di dunia kerja, mulai dari posisi teknisi komputer hingga administrator jaringan. Selain itu, jurusan ini juga akan membuka peluang bagi kamu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bahkan memulai karier sebagai entrepreneur di bidang teknologi.

Materi Pembelajaran Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

Materi Pembelajaran Jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)

Apabila kalian memutuskan untuk mengambil jurusan TKJ, maka kita akan mempelajari Mikrotik, Cisco, Linux, dan perangkat jaringan lainnya dalam bahasa yang keren. Membangun jaringan dengan berbagai topologi, mengatur IP dasar hingga menangani masalah pada jaringan yang mengalami kesalahan. Merakit komputer hanyalah bagian fundamental, setelah itu kamu akan mempelajari cara instalasi Operating System seperti Microsoft Windows dan Linux.

Jurusan TKJ dan Prospek Kerjanya

Sebagaimana telah diutarakan sebelumnya, jurusan TKJ menawarkan peluang karier yang luas pasca kelulusan. Terlebih lagi, banyak perusahaan yang memerlukan keahlian yang dimiliki oleh siswa jurusan TKJ.

Kalian dapat bekerja sebagai teknisi komputer, teknisi jaringan, administrasi server, sistem analis, hingga data entry. Dengan materi edukatif mengenai jaringan dan komputer ditambah pengalaman PKL, kita bisa bersaing dalam industri global. Bahkan, lulusan SMK jurusan TKJ juga dapat mendirikan usaha mereka sendiri seperti toko komputer/laptop, membuka layanan servis komputer, dan sebagainya.

Berikut ini terdapat 7 pilihan karier bagi lulusan SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan.

  • Teknisi Komputer: Kalian bertanggung jawab untuk memperbaiki serta merawat hardware komputer.
  • Teknisi Jaringan: Kalian bertugas mengatur, mengkonfigurasi, dan memelihara network komputer dalam suatu organisasi.
  • Administrasi Server: Kita mengelola server dan sistem operasi, serta memastikan uptime yang optimal.
  • Sistem Analis: Kalian bekerja dalam tim guna merancang dan mengembangkan solusi sistem yang efisien dan efektif.
  • IT Support: Kalian memberikan dukungan teknis kepada user dan membantu dalam mengatasi masalah IT yang dihadapi.
  • Data Entry: Kalian bertanggung jawab untuk memasukkan data ke dalam sistem komputer sesuai kebutuhan perusahaan.
  • Web Developer: Kalian merancang, mengembangkan, dan mengoptimalkan website untuk memenuhi kebutuhan bisnis.
Jikalau kamu merupakan lulusan TKJ, maka kalian tak perlu risau terkait jurusan TKJ dapat bekerja di mana. Sebagaimana diuraikan di atas, ada banyak kesempatan profesi yang sejalan dengan jurusan ini. Profesi-profesi tersebut hanyalah contoh dari beragam profesi yang bisa ditekuni oleh jurusan TKJ.

Berapa gaji lulusan TKJ?

Berapa gaji lulusan TKJ?

Rata-rata salary bagi para graduates SMK jurusan TKJ sangat bergantung pada work experience serta posisi yang dioccupy. Berdasarkan informasi dari Ministry of Manpower, rata-rata salary para graduates SMK jurusan TKJ adalah sebagai berikut:
  • Teknisi Komputer dan Jaringan (Computer & Network Technician): Kalian bisa mengharapkan gaji antara Rp 3.500.000 hingga Rp 4.500.000 per bulan. Tugas utama mereka mencakup memperbaiki masalah perangkat keras, menginstal dan mengonfigurasi perangkat lunak, serta memastikan jaringan berfungsi dengan baik.
  • Programmer: Gaji yang ditawarkan berkisar antara Rp 4.000.000 hingga Rp 6.000.000 per bulan. Sebagai programmer, kamu akan menciptakan, menguji, dan memperbaiki kode program untuk memastikan aplikasi berfungsi dengan benar.
  • Desainer Grafis (Graphic Designer): Dalam posisi ini, kita bisa mengharapkan gaji sebesar Rp 3.500.000 hingga Rp 5.000.000 per bulan. Desainer grafis bertanggung jawab untuk menciptakan visual yang menarik dan informatif untuk berbagai media, seperti poster, brosur, dan situs web.
  • Spesialis Keamanan Jaringan (Network Security Specialist): Gaji yang ditawarkan untuk posisi ini berkisar antara Rp 5.000.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan. Spesialis ini bekerja untuk melindungi data perusahaan dari ancaman siber, seperti serangan hacker dan malware, serta memastikan integritas jaringan.
  • Administrasi Server (Server Administrator): Posisi ini menawarkan gaji antara Rp 4.500.000 hingga Rp 7.500.000 per bulan. Tugas utama dari seorang administrator server adalah mengelola, mengonfigurasi, dan memastikan ketersediaan server yang digunakan oleh perusahaan.

Peluang pekerjaan untuk lulusan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) memang sangat berlimpah, karena banyak perusahaan yang mencari dan ingin menampung talenta yang memiliki keunggulan dalam bidang teknologi seperti jurusan TKJ. 

Kemampuan yang dicari, misalnya, adalah seseorang yang memahami komputer dan jaringan. Banyak siswa TKJ yang sungguh-sungguh belajar hingga pengetahuannya dapat diaplikasikan dalam dunia profesional. Akibatnya, banyak siswi SMK jurusan TKJ yang langsung terjun ke dunia kerja tanpa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, seperti perguruan tinggi. Beberapa teman saya, setelah lulus, langsung direkrut oleh perusahaan sebagai Network Administrator.