Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan MikroTik, Penjelasan Lengkap!

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan MikroTik

 Dalam dunia teknologi saat ini, pertimbangan efisiensi dan kepraktisan menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan. Salah satu perangkat yang menawarkan kedua hal tersebut adalah Mikrotik. Sebagai solusi bisnis yang harga terjangkaunya dapat menjadi saingan produk lain, Mikrotik menawarkan kualitas perangkat keras yang cukup mengesankan.

Namun, apa yang membuat Mikrotik begitu istimewa bukan hanya kualitas hardwarenya. Kemampuannya dalam menawarkan beragam fungsi jelas memberikan nilai tambah. Kamu bisa melakukan begitu banyak tindakan dengan perangkat ini, menjadikannya pilihan yang fleksibel untuk berbagai kebutuhan.

Lebih menariknya lagi, bagi kalian yang ingin meningkatkan fungsi Mikrotik, ada opsi menarik. Kamu dapat membangun PC sendiri, kemudian menjalankan lisensi CHR di atasnya sesuai kebutuhanmu. Inovasi semacam ini membuktikan bahwa Mikrotik memang layak mendapatkan tempat di hati para penggemar teknologi dan pelaku bisnis.

Kelebihan MikroTik yang Perlu Kamu Ketahui

Kelebihan MikroTik yang Perlu Kamu Ketahui

Kelebihan pada MikroTik bisa dilihat juga dari Winbox yang menawarkan kombinasi yang seimbang antara kemudahan pengguna dalam mengkonfigurasi jaringan.Jadi, kali berikutnya kamu dihadapkan dengan tugas untuk mendalami konfigurasi kamu.

Kelebihan MikroTik:

  • Salah satu daya tarik pertama dari MikroTik adalah rentang harga yang sangat menarik. Bagi kalian yang sadar anggaran, daya tarik peralatan berkualitas tinggi tanpa harga yang membebani tentu tidak bisa diabaikan. Faktor keterjangkauan ini memastikan bahwa penawaran MikroTik tetap dalam jangkauan untuk berbagai kalangan pengguna, mulai dari penggemar pemula hingga profesional berpengalaman.
  • Namun, kelebihan MikroTik bukan hanya pada harga. Produk ini dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap yang mendukung berbagai kebutuhan jaringan, mulai dari routing, VPN, hotspot, hingga manajemen bandwidth.
  • Selain itu, bagi Anda yang membutuhkan fleksibilitas dalam konfigurasi, MikroTik menyediakan solusi dengan sistem operasi RouterOS. Sistem ini memudahkan pengguna untuk mengatur dan menyesuaikan sesuai kebutuhan dengan praktis.
  • Dalam hal kinerja, MikroTik terbukti andal. Produk ini dirancang untuk mampu menangani beban jaringan yang besar dan kompleks dengan stabil.
  • Dari sisi manajemen perangkat, MikroTik tidak kalah unggul. Fasilitas pembaruan firmware dan perangkat lunaknya memastikan perangkat Anda selalu up-to-date dan berfungsi optimal.
  • Untuk Anda yang memerlukan solusi nirkabel, MikroTik juga mendukung berbagai teknologi wireless terkini, sehingga dapat diandalkan sebagai access point yang handal.

Membandingkan sertifikasi dalam dunia teknologi sering kali menjadi topik yang hangat. Mikrotik, misalnya, menyajikan materi pelatihan yang cenderung fokus pada dasar-dasar perangkat lunak dan keras yang mereka miliki. Namun, apa yang sering kali mengecewakan adalah bagaimana kurangnya penekanan pada aspek jaringan. Hal ini, menurutku, menjadi suatu titik yang kurang mengesankan.

Kekurangan Mikrotik

Kekurangan Mikrotik
  • Perlu keahlian khusus untuk penggunaan jaringan skala besar. Seperti orang yang sudah berpengalaman yang tau betul konfigurasi MikroTik
  • Slot ethernet yang cukup terbatas, sehingga anda perlu menambahnya dengan hub atau switch, mungkin kamu perlu mengeluarkan biaya lagi.

Ujian Mikrotik sendiri terdiri dari 25 pertanyaan. Namun, ironinya, pertanyaan tersebut kerap kali dirasa kurang matang dan terkadang membingungkan. Misalnya, saya pernah menjumpai suatu pertanyaan yang dianggap salah hanya karena kesalahan dari pihak penyelenggara. Ini bukanlah sesuatu yang diharapkan dari suatu sertifikasi teknologi. Seandainya harus memilih antara pemegang sertifikat CCNA atau Mikrotik untuk posisi pekerjaan, saya akan lebih condong memilih pemegang CCNA. Kenapa? Simpel, kualitas pelatihan yang diberikan pada mereka terasa lebih mendalam.

Baca Juga: Soal Essay Tentang MikroTik dan Jawabannya Lengkap

Namun, bagi kamu yang mungkin sedang mempertimbangkan untuk mengambil salah satu sertifikasi, ini bukanlah suatu hal yang mutlak. Setiap orang memiliki kebutuhan dan prioritas yang berbeda. Bagi beberapa orang, memahami dasar-dasar perangkat Mikrotik mungkin jauh lebih relevan. Sedangkan bagi yang lain, pemahaman mendalam tentang jaringan melalui CCNA mungkin lebih diutamakan.

Dalam dunia teknologi yang serba cepat ini, pilihan sertifikasi sebaiknya didasarkan pada apa yang kalian rasa paling sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi karier kalian. Tetaplah kritis dan selalu teliti sebelum membuat keputusan.

Penutupan

Itulan Kelebihan dan Kekurangan Mikrotik dari blog asperindo.or.id semoga membantu kamu dalam memilih Router terbaikmu.